PSG vs Dortmund menjadi pertandingan menarik di Leg ke-2 Semifinal Liga Champions musim ini. Hal tersebut karena kedua tim sama-sama memiliki hasrat untuk bisa melaju ke selanjutnya yaitu partai Final Liga Champions musim 2023/2024.

Pada laga kali ini, Dortmund berhak melanjutkan perjuangan di babak Final Liga Champions musim 2023/2024 setelah menuntaskan perlawanan sang raksasa Liga Prancis, Paris Saint Germain. Pertandingan ini juga mengungkapkan beberapa fakta menarik yang patut Anda ketahui.

Susunan Pemain Laga PSG vs Dortmund

Pada laga Leg ke-2 Semifinal Liga Champions ini, kedua tim sama-sama menurunkan skuad terbaiknya. Pertandingan ini sendiri digelar di Stadion Parc Des Princes yang merupakan kandang dari PSG.

Dari kubu tuan rumah, pelatih PSG Luis Enrique mengusung formasi 4-3-3 dengan posisi penjaga gawang dipercayakan kepada Gianluigi Donnarumma. Posisi empat bek diisi oleh Achraf Hakimi, Marquinhos, Lucas Beraldo, dan Nuno Mendes.

Di posisi tengah laga PSG vs Dortmund, mantan pelatih Barcelona tersebut menurunkan Warren Zaire Emery, Vitinha, dan Fabian Ruiz. Pada sektor penyerangan Luis Enrique mempercayakan Ousmane Dembele, Goncalo Ramos, dan Kylian Mbappe.

Dari kubu tim tamu, pelatih Dortmund Edin Terzic juga menurunkan skuad terbaiknya. Edin Terzic menggunakan formasi 4-5-1, dengan posisi penjaga gawang diisi oleh Gregor Kobel. Posisi bek diisi oleh Ian Maatsen, Nico Schlotterbeck, Mats Hummels, dan Julian Ryerson.

Untuk posisi tengah, pelatih Edin Terzic mempercayakan Emre Can, Marcel Sabitzer, Karim Adeyemi, Julian Brandt, dan pemain pinjaman MU, Jadon Sancho. Pos penyerang diisi oleh Niclas Fullkrug.

Jalannya Laga PSG vs Dortmund

Pertandingan leg ke-2 Semifinal Liga Champions kali ini dimenangkan oleh Die Borussen, julukan Dortmund. Die Borussen berhak melaju ke babak Final dan menunggu lawan antara Real Madrid atau Bayern Munchen.

Pada pertandingan leg pertama, Dortmund telah lebih unggul 1-0 atas PSG, sehingga pada leg ke-2 ini Die Borussen hanya perlu memperoleh hasil seri untuk bisa lolos ke babak Final. Pada babak pertama, kedua tim belum menunjukkan peluang berarti, sehingga Dortmund masih unggul atas PSG.

Di babak kedua laga PSG vs Dortmund, tepatnya pada menit ke-50 Dortmund berhasil menambah keunggulan melalui gol yang dicetak bek kawakan, Mats Hummels. Hummels berhasil menciptakan gol melalui sundulan hasil sepak pojok Julian Brandt.

Sebelas menit berselang, tim tuan rumah berusaha untuk mengejar ketertinggalan. Nuno Mendes berhasil melepaskan sepakan keras menuju gawang Kobel, namun tendangannya masih membentur tiang kiri gawang.

Tim berjulukan Les Parisiens tersebut terus berusaha menggempur lini pertahanan dari Dortmund, namun lini belakang yang solid berhasil menahan gempuran tersebut. Mats Hummels hampir mencatatkan namanya kembali di papan skor di menit ke-76, namun golnya tersebut dianulir karena offside.

Penyerang timnas Prancis, Kylian Mbappe berusaha melepaskan tembakan pada menit ke-85, namun sayang sepakannya masih berhasil ditepis oleh Kobel. Skor 1-0 tidak berubah hingga peluit akhir pertandingan berbunyi dan membawa Die Borussen melaju ke babak final.

Fakta Menarik Laga PSG vs Dortmund

Pertandingan PSG vs Dortmund berhasil dimenangkan oleh Dortmund sehingga berhak melaju ke babak partai Final Liga Champions musim 2023/2024.

Dari sengitnya pertandingan antara PSG melawan Dortmund, ternyata terdapat beberapa fakta menarik untuk Anda ketahui. Berikut ini beberapa fakta menarik dari laga leg ke-2 Semifinal Liga Champions satu ini.

1. Dortmund Tiga Kali Melaju Ke Partai Final Liga Champions

Kemenangan atas tuan rumah PSG ini berhasil membawa Dortmund melaju ke partai final untuk ketiga kalinya. Sebelumnya Die Borussen mencapai partai final Liga Champions adalah pada tahun 1997 dan 2013 lalu.

Terakhir di tahun 2013, Die Borussen harus menghadapi musuh sesama dari Liga Jerman yaitu Bayern Munchen. Pada laga yang digelar di stadion Wembley ini, Bayern Munchen berhasil keluar sebagai juara setelah menuntaskan perlawanan Dortmund.

2. Mats Hummels Pencetak Gol Tertua Ketiga

Laga PSG vs Dortmund juga menjadi ajang pertunjukan bagi Mats Hummels. Gol sundulan yang dicetaknya menobatkan dirinya sebagai pencetak gol tertua urutan ketiga pada Semifinal Liga Champions.

Mats Hummels berhasil mencetak gol pada laga semifinal di usia 35 tahun. Namanya bersanding dengan Ryan Giggs yang mencetak gol pada usia 37 tahun 148 hari di semifinal musim 2010.2011. Kemudian ada nama Edin Dzeko yang mencetak gol di usia 37 tahun 54 hari.

3. PSG Selalu Gagal di Semifinal

Hasil ini juga membuat PSG selalu gagal menang dalam enam leg dari tiga penampilan dua leg Semifinal Liga Champions UEFA. Tercatat PSG kalah melawan Milan pada musim 1994/95 dan saat melawan Manchester City pada musim 2020/21.

Pertandingan Semifinal Liga Champions memang selalu menjadi tontonan menarik untuk Anda nikmati. Intensitas tinggi dan uji kekuatan para klub di benua eropa selalu menjadi pertandingan yang selalu dinanti para penikmat sepakbola.

Pertandingan antara PSG vs Dortmund menjadi salah satu contoh adu kekuatan sepakbola dari Liga Prancis dan Liga Jerman. Kemenangan di babak Final nanti akan menjadi hal paling berkesan bagi Dortmund yang telah lama menanti trofi Liga Champions.

Categories: Trending